Pesona Karpet Turki Melegenda Di Dunia

Siapa yang tak tahu negara Turki yang terkenal dengan segudang lokasi wisata unik. Ternyata Turki juga memiliki predikat sebagai negara penghasil karpet polos terbaik di dunia. Dengan kualitas karpet yang tidak diragukan lagi keawetannya, produk ini pun diburu oleh banyak konsumen dari berbagai penjuru dunia salah satunya Indonesia. Motif yang ditawarkan juga beragam, dari sekedar karpet polos hingga yang bercorak mewah untuk golongan bangsawan. Kombinasi warna dan gambar memang dibuat untuk memenuhi selera dari orang yang berbeda-beda. Permadani Turki bisa dibilang lebih tebal dari permadani produksi negara lain, dengan ketebalan dan kualitas super maka membuat harga pun tergolong mahal. Tapi bagi pembeli sudah pasti tidak akan rugi karena kualitas yang diberikan memang sepadan.

Permintaan yang banyak akan permadani Turki membuat banyak pengusaha melirik untuk ikut berbisnis dalam jual beli karpet Turki. Importir tidak segan untuk membeli dalam jumlah banyak, karena bisnis karpet hampir tidak memiliki resiko. Harga karpet import cenderung naik dari tahun ke tahun. Untuk karpet yang belum laku terjual pun tidak akan rusak jika disimpan di dalam gudang karena bahannya memang berkualitas dan awet untuk ratusan tahun. Diantara banyak pilihan yang disajikan, karpet polos masuk ke dalam daftar paling disukai dan laris manis dalam penjualan. Diikuti oleh karpet banyak corak gambar dengan kesan mewah yang dibanderol harga yang lumayan tinggi sehingga yang berminat harus merogoh kocek lebih dalam. Karpet berukuran 120×600 cm dengan satu corak warna sudah lama menjadi barang yang paling dicari di toko lokal.

Perawatan karpet kelas eksekutif ini terbilang sangat mudah. Alat yang digunakan cukup peralatan rumah tangga pada umumnya, tidak perlu beli alat khusus yang mahal hanya untuk membersihkan permadani. Ada beberapa hal yang dilakukan untuk menjaga kualitas karpet supaya tahan bertahun-tahun. Yang pertama adalah mencuci karpet setidaknya dilakukan tiga bulan sekali dengan air biasa dicampur sedikit sabun. Cukup gosok dan kucek secara lembut tidak perlu terlalu keras maka debu dan kotoran yang mengendap akan hanyut terbawa air saat dibilas. Untuk perawatan rutin yang lebih sering dilakukan sebulan sekali adalah disedot debunya menggunakan vacuum cleaner. Lakukan penyedotan saat siang hari sehingga setelah selesai lalu langsung dijemur di bawah terik matahari untuk menghilangkan bau tidak sedap yang menempel di karpet. Dengan melakukan kedua hal simple tersebut maka karpet anda akan selalu indah dan nyaman.